Datos personales

My Photo
Amalia Anshari
Let's Change the World with Our Life ^o^
View my complete profile

Jam

Kalender

mamegoomath adalah blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika. Dikelola oleh Amalia Ansari, Universitas Sriwijaya

Total Pageviews

Popular Posts

Author Details

Blog ini merupakan blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika, mulai dari media untuk membantu pembelajaran matematika, sial-soal, modul, perangkat pembelajaran, dan sebagainya. Dikelola oleh Amalia, mahasiswa Universitas Sriwijaya.

Contact


Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Translate

mamegoomath adalah blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika. Dikelola oleh Amalia Ansari, Universitas Sriwijaya

Comments



PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

a.      Kontruktivisme
    Merupakan landasan berpikir ( filosofi) pembelajaran kontekstual,yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit , yang hasilnya diperluas melalui konteks terbatas atau sempit dan tidak sekonyong-konyong , manusia  sebagai objek atau sasaran dari pendekatan konstruktivisme harus mengkonstruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata.

b.      Prinsip – Prinsip Pembelajaran Konstruktivisme
Suparno (1996 : 73) mengemukakan prinsip-prinsip belajar konstruktivisme yaitu :
1.        Pengetahuan dibangun oleh siswa secara aktif
Berdasarkan rpp yang kami teliti dalam  sebuah skripsi terlihat jelas siswa membangun pengetahuan  sendiri  dimana guru memberikan masalah kepada siswa dan siswa tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk mendiskusikan  modul mengenai   keliling lingkaran lalu kemudian mempresentasikannya di depan kelas .


2.        Penekanan dalam proses belajar terletak pada siswa
Disini siswa berdiskusi,berargumentasi dan bernegoisasi dalam kelompok untuk menemukan gagasan tentang keliling lingkaran dengan cara melakukan kegiatan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada modul.
3.        Mengajar adalah membantu siswa belajar
Dalam kegiatan inti pada rpp ini guru memberikan petunjuk terhadap masalah yang dihadapi  siswa jika diperlukan pada saat siswa bekerja didalam kelompok  .
4.        Penekanan dalam proses belajar lebih pada proses bukan pada hasil akhir
Dalam proses ini,guru memberikan petunjuk kepada siswa untuk memecahkan masalahnya sendiri.
5.        Kurikulum menekankan partisipasi siswa
Siswa berdiskusi, mempresentasikan hasil diskusi lalu siswa secara aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain dan kelompok lainnya bisa ikut menanggapi apabila kurang sependapat dengan jawaban yang diberikan.


6.        Guru adalah fasilitator
Guru bertindak sebagai  fasilitator dalam mengkonstruk gagasan  baru siswa dan guru memberikan penguatan  terhadap hasil belajar  siswa .

c.       Ciri-Ciri Pembelajaran Konstruktivisme

1.    Belajar berarti membentuk makna
       Dilihat dari rpp guru memberikan masalah kepada siswa lalu siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai  pengertian keliling lingkaran.
2 .  Konstruksi arti itu dipengaruhi oleh pengertian yang telah ia punya
       Sebelum belajar, siswa telah mengetahui tentang bentuk lingkaran seperti roda sepeda dll. Pembelajaran siswa dibagikan modul tentang keliling dan luas lingkaran. Untuk mengetahui pengertian keliling lingkaran siswa melakukan percobaan. Dari percobaan tersebut, siswa bias menyimpulkan apa keliling lingkaran tersebut.
3.    Dari percobaan diatas maka siswa memiliki pengertian baru tentang lingkaran
4.    belajar bukanlah kegiatan mengumpulkan fakta, melainkan lebih sebagai perkembangan pemikiran dengan membuat pengertian baru.
5.    Hasil belajar dipengaruhi oleh pengalaman siswa dengan dunia fisik dengan lingkungannya
       Dalam kegiatan pendahuluan, siswa diminta guru untuk memberikan contoh lingkaran dan unsur-unsur lingkaran yang ada di lingkungan siswa itu. Jadi, siswa bias menganalisis sendiri bagaimana bentuk lingkaran dan ciri-ciri lingkaran
6.    Hasil belajar tergantung pada pengetahuan siswa
       Siswa mengaitkan pengetahuan yang telah ia miliki dengan pengetahuan baru yang ia terima yaitu keliling dan luas lingkaran dengan tes. Apabila siswa mengerti untuk mencari keliling dan luas lingkaran itu maka hasil tes tersebut juga bagus.








Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © All About Math - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -